Pengertian Belajar
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
“BELAJAR”
Nama : Nabila Zulfa
NIM : 1113016300002
Prodi : Pendidikan
fisika (semester 2A)
Allah Berfirman:
(29) كِتَابٌ
أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو
الألْبَابِ
Artinya:
“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh
dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat
pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (Q.S Shaad: 38 ayat 29)
Belajar merupakkan sebuah proses yang dilakukan individu
untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru yang diwujudkan dalam bentuk
perubahan tingkah laku yang relative permanen dan menetap disebabkan adanya
interaksi individu dengan lingkungan belajarnya. ( Muhammad Irham: 2013, 116).
Proses belajar secara kasat mata tidak dapat diamati. Namun
demikian, terdapat beberapa indikator pada individu yang yang dikatakan telah
belajar. Menurut Nana Sudjana (2005:28), belajar adalah suatu proses yang
ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang.
Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat ditunjukkan
dalam berbagai bentuk, sepertiperubahan pengetahuannya, pemahamannya, sikap,
dan tingkah lakunya, keterampilannya, kecakapan dan kemampuannya, daya
reaksinya, daya penerimaannya, dan aspek lain yang ada pada individu.
Pada dasarnya aktivitas belajar memiliki beberapa komponen
atau unsure yang selalu menyertainya. Menurut Sugiyono dan Hariyanto
(2011:126-127), komponen-komponen tersebut adalah:
1. Tujuan
belajar
2. Materi
Pelajaran
3. Kondisi
Siswa
·
Kesiapan siswa
·
Kemampuan Interprestasi siswa
·
Kemampuan respon siswa
·
Situasi Proses belajar
·
Hasil Belajar
0 Response to "Pengertian Belajar"
Posting Komentar